Sabtu, 07 Juli 2012

Ngekos ala Asa




Anak kos dalam perantauan yang jauh dari subsidi orang tua, haruslah tahu cara mengatur pengeluaran mereka demi bisa bertahan dirimba kehidupan anak kos yang keras bin kere. Keuangan anak kos pas-pasan, makanya harus meminimalisir pengeluaran, tapi tolong bedakan antara  pelit dan perilaku hemat nan bersahaja.


Untuk itu, saya akan share tips and trik bahagia menjadi anak kos, seperti inilah trik simple ala Asa:

  • Ngepel pake 2 lembar tissue basah yang diperoleh dari temen.  Simple, higienis, harum. Kosan bersih dan harum, semua senang
  • Minum bawa botol dua buah ke kantor terus di refill untuk d minum d kosan, sehat menyegarkan.
  • Makan di warteg nasi setengah + gudeg + tahu/tempe = Rp. 3500. Perut kenyang kantong tenang.
  • Lebih asik lagi kalo bisa  makan siang dan sore bareng klien atau bareng atasan biar bisa “hemat”. Bos senang Bos Bayar (´ʃƪ `)
  • Cari kosan yang Rp 400rb atau Rp 300rb yang dket kantor, jalan pagi sehat menjauhkan gangguan kanker (kantong kering)
  • Cari kosan campur yang banyak cewenya, biar mereka nanti bersihin kamar mandi dan lorong + bisa pinjem peralatan dari mereka, ho2 lagiankan kalo pagi jadinya bisa cepet  melek (khusus cowo). Kebersihan itu indah, wanita juga indah ha2
  • Mandi sekali aja, kalo brangkat kantor, menghemat peralatan mandi. Yang penting di kantor keren, masalah di kosan mah tanggung sendiri aja, Ga semua hal tentang kita orang lain harus tau, yang penting keren diluar, hoho2
  • Manfaatkan barang bekas dikantor, contoh akua bekas, kertas bekas, plastik bekas. Koran/majalah bekas  -- untuk dikiloin. Mayan sebulan bisa dapeet Rp 37rb lohhh. Go Green !! ada duit matapun hijauu !!
  • Selalu bawa uang pas-pasan, jadi ga ada alasan buat siapapun untuk ngutang apa lagi dibayarin sama kita, malah mereka bisa iba ngeliat kita yang hidup pas-pasan. Kita harus bijaksana pintar bijaksini.
  • Kekantor pake batik, lebih gampang di cuci. Terus celananya dipake selang-seling, seminggu cukup 2 clana aj. Kalo clana buat tidur cukup 2 juga seminggu, kecuali kalo lo ngompol, baru deh ganti. Jadi cucinya cukup pake rinso yang gopek, sekali kucek.
  • Kalo jalan dihari minggu, jgn sama anak gaul dan banyak duit, cari temen yang sama-sama kere juga. Jadi, kalo jalan ke mall cuman liat-liat and makan tetep aj kaki lima. Teman yang asikk !!
  •  Pakailah credit card yang free annual fee tapi banyak promonya + diskonnya. Kalo jalan rame-rame, bayarnya di kumpul dikita, jadi mereka yang bayar kita yang dapet promonya. Misal, BCA Card, buy 1 free 1 XXI, dia yang buy kita yang freenya, hemat selalu membahagiakaannn.
  • Akrab sama temen kos, biar bisa nebeng nonton TV dll, jadi kita ga usah repot bawa peralatan macem-macem, juga deket sama yang punya kendaraan, biar hari minggu mau jalan tinggal nebeng (ง'̀⌣'́)ง
  •   Dekati Ibu kos dan juga pemilik rumah makan sekitar, siapa tahu kita bisa numpang makan atau malah minta kos gratis , atau at least bisa dapet beragam privilage dehh :D Pacarin anak nya kalo perlu, ha2 (´▽`ʃƪ) cinta tanpa pacar kaya tempat kos tanpa tempat tidur, bikin ga bisa tidur. Ha2 ga nyambung (╯o╰,ƪ)


Sampailah kita pada trik yang terakhir, tanpa ini semua anak kos ga akan punya motivasi untuk berhemat. Inilah cara yang paling ampuh untuk membangkitkan semangat kebijaksanaan kita dalam mengatur pengeluaran. Tanpa trik ini, semua trik diatas tidaklah ada artinya.

Triknya adalaahhh:

Mengingat kita sudah berjibaku selama sebulan penuh dalam penghematan, akhirnya tiba juga uang bulanan yang dinanti-nanti. Kita sudah berhasil, maka berikanlah hadiah yang layak bagi diri kita sebagai buah prestasi. Manjakan dirimu dalam satu hari penuh itu, makan direstoran paling mahal, traktir semua temen nonton, beli barang yang paling kamu suka. BERBAHAGIALAH.. Habiskan 90% pendapatanmu hari itu untuk bersenang-senang. Dengan begitu, kamu akan punya alasan kenapa harus berhemat lagi dibulan bulan berikutnyaaaa #eaa lemparmeja (ノ `Д´)ノ ~┻━┻



Hidup hemat itu menyenangkan kawan.
SEMANGAT  !! ayey (ง'̀⌣'́)ง



Tidak ada komentar:

Posting Komentar